Rabu, 10 Oktober 2012

surat rindu untuk nenek.


Sedikit cerita ttg masa kecilku..
Saat pertama aku sadar tentang masa kecilku..
Raut muka beliau yg sangat aku kenal..
Dgn garis muka yg penuh dgn sejuta pengalaman.
Mengajarkanku banyak hal..

Beliau yg slalu membangunkan ku saat fajar tiba..
Mengajakku melaksanakan sholat subuh..
Dan tak pernah membiarkanku melewatkan mengaji setelah sholat..
Menghafal surat2 pendek, dan bercerita tentang kisah para Nabi..
Walaupun umurku masih 7 tahun, beliau tidak pernah sungkan untuk mengajakku ke kebun. Membersihkan kebun, memberi makan ayam dan ikan lele kesayangannya.
Beliau adalah sosok yg sangat giat bekerja.
Setelah pulang dari kebun, beliau tidak pernah langsung beristirahat, tetapi bersiap2 untuk pergi ke pasar.
Dan setiap beliau hendak ke pasar, beliau selalu berpesan bahwa tidak boleh memetik mangga di depan rumah sebelum mangga itu benar2 masak. Pesan yg sama yg slalu beliau ucapkan ketika hendak ke pasar.
Jika bulan puasa tiba, beliau selalu membuatkan kami biji nagka rebus yg dimasak dengan gula merah dan kepala parut.  Setelah memakan itu, kami akan mengantri dikamar mandi.

Sosok tegar itu skrg terbaring lemah dgn tatapan kosong..
Rapuh hati ini melihat beliau seperti itu..
Aku rindu senyuman beliau.
Aku rindu di omelin krna tak bertindak sesuai kemauan beliau..
Aku rindu kisah2 yg beliau ceritakan, entah saat waktu senggang atau setelah sholat.
Aku rindu saat berliau menggajarkanku memasak dgn tangan keriputnya..
Aku rindu nyanyian merdu bacaan al-qur’an beliau stiap matahari akan terbit..
Aku rindu melihat tubuh keriput beliau setelah mandi..
Aku rindu melihat beliau dgn semangat dan tekun menyiram tanamannya setiap pagi.
Aku rindu raut muka beliau yg bahagia bila menyantap papeda panas dan ikan kuah kuning.
Aku rindu tatapan bahagia beliau melihat anak dan cucunya berkumpul disekitar beliau..

Aku titipkan doa di sela angin malam ini untuk beliau Ya Robb..
Berikan yg terbaik untuknya..
Berikan kesehatan pada beliau dan tempat yg sangat kayak untuknya kelak.
Ya Robb..
Lindungi beliau selalu, berikan kesembuhan pada beliau..
Berikan kesempatan untukku, agar bisa melihat tatapan bangga dari mata itu untuk cucunya yg satu ini..
Beliau adalah sosok nenek yg sangat luar biasa untukku..
Maka, biarkanlah aku melukiskan rasa sayangku padanya malam ini..
Melukis semua perasaan sayangku padanya, agar beliau dapat melihatnya ditengah tatapan kosongnya..

Kuatkanlah beliau Ya Robb..

Amin.

with much love for you grandma' 

Lals

Tidak ada komentar:

Posting Komentar